Back to Kompasiana
Artikel

Unik

Jo Poenjiono Hw

Tinggal di Salatiga, kota yang kecil dan sejuk di kaki gunung Merbabu. Bekerja sebagai Metagold selengkapnya

Menganalisa Pesan Misteri yang Ditinggalkan Sisca Yovie

HL | 08 August 2013 | 10:39 Dibaca: 55828   Komentar: 51   6

13759500521798094939

Ilustrasi/Admin (Yustinus Slamet Witokaryono)

Menganalisa pesan misteri yang ditinggalkan Sisca Yovie

Pembunuhan sadis di cipedes, sukajadi-bandung pada tanggal 5 agustus 2013 kemarin menyisakan misteri. Rasa ingin tahu dan sok tahu saya terpancing untuk menganalisa misteri ini dan menemukan apa sesungguhnya jawaban dari pesan aneh yang ditinggalkan almarhumah sisca yovie di facebook dan siapa kemungkinan pembunuhnya ?

Kronologis Pembunuhan
(berdasarkan apa yang saya baca di kompas.com)

Kemungkinan besar waktu TKP pada jam 18.00 (saat buka puasa). Korban dijambak rambutnya dan diseret dengan menggunakan motor sejauh kurang lebih 500 meter dari garasi kostnya dan setelah itu dibacok 2 kali pada bagian punggung dan 1 kali pada kepala. Di berita kompas, saya kurang jelas detail pembunuhannya, apakah korban dibacok lebih dulu baru kemudian diseret ataukah diseret dulu baru dibacok kemudian ? Saya mengasumsikan korban diseret lebih dulu baru kemudian dibacok dengan alasan tidak ada darah di depan garasi kost korban berarti lokasi pembacokan dilakukan setelah korban diseret lebih dulu.

Pelaku 2 orang dengan menggunakan motor, kemungkinan besar tanpa plat nomor atau plat palsu, keduanya memakai helm full face dan berjaket gelap, yang nyetir di depan bertubuh besar sedang yang duduk di belakang bertubuh kecil. Paling tidak itu gambaran dari para saksi yang melihat kejadian.

Setelah menyeret dan membacok korban, pelaku membuang korban begitu saja di jalan dan kabur meninggalkan TKP. Korban saat itu masih hidup. Korban meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Data Korban

umur 30 th, etnis tionghoa, branch manager perusahaan leasing mobil di bandung, punya 2 ktp berbeda dgn alamat wilayah bandung, tinggal di kost selama 1,5 th, pemilik kost hanya tahu korban berasal dari cirebon, menurut pemilik kost korban org baik yang belum pernah membawa teman pria atau wanita ke kost. Dengan kata lain korban tidak memiliki seorang teman pun. Tidak diketahui siapa orang tua dan keluarga korban, walau menurut pemilik kost, si korban seorang yang baik.

Kesimpulan Sementara

Korban seorang tertutup dan mempunyai latar belakang keluarga yang menyedihkan.

Pesan Aneh di Status Facebook Korban

Referensi di https://www.facebook.com/franceisca.yofie.1 dan https://www.facebook.com/franceisca.yofie?fref=ts

Pesan 30 April 2013

Kurang Ajar! Selagi hidupnyapun pernah mengusirmu dan tidak mau melihatmu! Bahkan 2 minggu sebelum kepulangannya mencurahkan rasa sakit hatinya padamu dan berpesan untuk tidak didatangi makamnya oleh bangsat seperti kau!! Sekarang lancang berani-beraninya menghadap ke makamnya! AN**ING BIADAB!!!

Pesan 29 April 2013

Di hari ke 7 kepulangan ibuku menghadap Yang Maha Kuasa, si an**ing biadab datang menabur bunga di makam ibuku yang pernah diseretnya ke kantor polisi!!! Tradisi etnis kami, tak seorangpun diperkenankan menghadap atau menabur bunga ke makam orang tersebut bila orang itu pernah menaruh luka sakit di hatinya! Karena akan mengeluarkan bau bangkai di rumah, dan akan mendatangkan petaka pada yang ditinggalkannya, pantas bau bangkai di rumah tercium menyengat! Dendamku tak akan aku hapus sampai ke liang lahatku!!

Pesan 24 April 2013

Foto sebuah peti mati, kemungkinan besar peti mati mendiang ibu sisca yovie

Pesan 28 Maret 2013

Dear Karma, I have a list of people you missed

Pesan 20 Februari 2013

Don’t worry about what the fuck i’m doing. Worry about your damn self

Pesan 19 Februari 2013

Hayang mewi KEKESED nu gambarna bengeut Maneh !!!
(aku ingin beli alas kaki dengan gambar wajahmu)

Pesan 21 Januari 2013

Mungkin saya bukan orang baik, dan saya tidak perlu dianggap baik. Paling tidak saya tidak munafik dengan berpura-pura baik. Krn yang terpenting saya bisa berbuat baik !!

Menganalisa Pesan Aneh Almarhumah Sisca Yovie

Pesan 21 Januari diatas menyiratkan bahwa ada seseorang, saya kasih nama Mr.X, yang sebelumnya sangat dekat dengan keluarga sisca. Seorang yang awalnya baik tapi belakangan ternyata seorang yang menyengsarakan keluarga sisca bahkan sampai membuat ibu sisca sedih dan masuk rumah sakit dan berakhir pada kematian.

Mr.X ini walau menjadi sasaran kemarahan sisca tapi berulang kali menasehati sisca. Ini terlihat dari pesan tanggal 20 Februari diatas. Semakin memperjelas kalau Mr.X ini seorang yang dekat dengan keluarga sisca, sebab walau Mr.X ini melakukan kesalahan besar tapi masih memberikan perhatian untuk kebaikan sisca. Ini juga terlihat pada pesan tanggal 29 April dan 30 april diatas. Mr.X datang ke makam ibu sisca untuk menabur bunga, dari sini kita bisa lihat bahwa mr.X ini seorang teman dekat dari keluarga sisca. Walau melakukan kesalahan besar, dia masih mau datang ke makam ibu sisca walau dengan resiko menghadapi kemarahan keluarga sisca.

Mengapa saya katakan mr.X ini teman dekat ?
Mengapa bukan keluarga dekat ?

Kesimpulan ini saya peroleh dari pesan 29 April, pada kata MENURUT TRADISI ETNIS KAMI.  Kalau mr.X ini keluarga sisca, mestinya sisca tidak perlu menekankan kata tersebut. Dengan kata lain, mr.X ini adalah teman dekat keluarga sisca dari etnis diluar etnis tionghoa !

Saya mengasumsikan mr.X selain teman dekat keluarga sisca juga mungkin merupakan rekan kerja dari ibu sisca. Mungkin mr.X dan ibu sisca join bisnis yang akhirnya sampai menyeret ibu sisca berurusan polisi karena pekerjaan tersebut.

Bagi saya kesimpulan ini semakin memperjelas mengenai karakter sisca yovie yang tertutup dan tidak mempunyai seorang teman atau sahabat dekat. Ini bisa juga terlihat dari foto2 sisca yovie di facebook yang jarang terlihat bahkan sama sekali tidak terlihat background foto teman2nya. Jelas sekali kalau sisca yovie menderita kepahitan hidup akan pertemanan karena dia sudah melihat contoh buruk dari pertemanan yang membuat ibunya sakit-sakitan bahkan sampai meninggal.

Siapa kemungkinan Pembunuh Sisca Yovie dan Apa kemungkinan motifnya ?

Menurut saksi teman-teman kerja sisca. Almarhumah sisca belakangan ini sedang bermasalah dengan debt collector.

Ini menarik sekali bagi saya.

Dari analisa saya diatas, tentunya pembaca bisa merasakan ada sebuah benang merah. Dan joinan bisnis mr.x dan ibu sisca kemungkinan besar ada hubungan dengan debt collector (makanya sampai berurusan dengan polisi).

Karakter tertutup sisca yovie, plus kebenciannya atas etnis tertentu yang mencelakakan ibu sisca yovie, plus kebencian akan pekerjaan yang membuat ibu sisca yovie terpuruk, saya yakin dan percaya almarhumah sisca pasti secara sadar atau tanpa disadari sering mengeluarkan statement buruk pada seseorang atau bbrp orang sehingga orang tersebut DENDAM. Saya yakin perkataan buruk tersebut berhubungan dengan etnis!
Siapa pelakunya ? Biar polisi yang menangani.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Memotret Kinerja Warga Kubangwungan …

Roselina Tjiptadina... | | 21 December 2014 | 22:08

Kejutan Tingkah Polah Remaja di Lokasi …

Dhanang Dhave | | 22 December 2014 | 11:47

Rimba Beton dalam Labirin Kota …

Ratih Purnamasari | | 22 December 2014 | 11:25

Drama Proyek Jembatan Linggamas …

Kandar Tjakrawerdaj... | | 22 December 2014 | 12:32

Ayo Tulis Ceritamu untuk Indonesia Sehat! …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 21:46


TRENDING ARTICLES

Evan Dimas, Tengoklah Chanathip ‘Messi …

Achmad Suwefi | 3 jam lalu

Ibu Melemparku ke Tiga Benua …

Sunaryoadhiatmoko | 6 jam lalu

Hari Ibu Selow Aja …

Ifani | 7 jam lalu

Gol Telat Skrtel, Bawa Liverpool Imbangi …

Achmad Suwefi | 14 jam lalu

Karena Gede Pasek, SBY Akan Terus Berjaya …

Giri Lumakto | 15 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: